Banner IDwebhost

Soto Pare Mondokan Di Gandrungi  Para Pejabat di Balik Kesederhanaan Ada kenikmatan, Bikin Lidah Cetar Membahana

RM Soto Pare, Mondokan

Sapujagad.net -SRAGEN – Bila kita melewati sebuah warung soto yang berada di bawah pohon beringin, tepatnya dii jalan Sumberlawang – Mondokan di Dukuh Bontit, RT 026, Desa Pare, Kecamatan Mondokan, Sragen.

Tak begitu besar hanya menempati lahan berukuran 5×6 meter berdinding dari kayu blabak cat warna hijau telur asin, tergolong sangat minim untuk ukuran sebuah warung makan, dibandingkan beberapa warung makan terkemuka di Sragen.

Sementara tampilan dapur untuk meracik bumbu dan memasak hanya berdinding gedhek (anyaman bambu), tersirat bayangan kita begitu sederhana dan apa adanya.

Namun siapa sangka warung soto ini ternyata cukup terkenal tidak hanya bagi publik Mondokan, tetapi bagi publik Sragen. Meski sederhana, warung soto ini kerap menjadi jujukan para pejabat mulai dari camat, kepala dinas hingga sekelas Bupati Sragen pernah singgah di Warung ini saat mengadakan kunjungan di wilayah kecamatan mondokan

Bila Kita berkunjung di Warung ini, ada dua menu yakni daging ayam dan daging sapi, bebas memilih menikmati soto sesuai selera.

Yang membedakan, soto di tempat lain itu kuahnya kental dan banyak lemak. Di sini bening dan tidak ada lemak jadi lebih sehat. Rasanya, luar biasa enak.

Soto Pare merupakan warung milik pasangan suami istri, Setu, 40, dan Dartini, 35. Keduanya mulai menekuni usaha Soto Pare itu pada 2004. Sebelumnya, Setu berjualan bakpao dan bakso keliling. Dalam sehari, Setu bisa menjual 200 hingga 300 mangkok soto. Satu mangkuk soto baik daging sapi, babat atau ayam dijual Rp 9.000. Dalam sehari, dia bisa mendapatkan pendapatan kotor senilai Rp1,5 juta hingga Rp1,8 juta.

Bagi anda yang sering lewat, coba anda datang dan nikmati soto pare yang bikin clees di lidah dan cetar membahana, di samping rasanya enak, sedap dan mantap. Ada beberapa menu penyanding, yakni krupuk rambak, pare, usus, bergedel, telur, iso, daging empal sapi, tahu goreng dan tempe goreng. Selamat menikmati(Red)