Banner IDwebhost

Peranan Ruang Publik Bagi Kota Solo,  BRM Kusumo Putro, SH MH Tuding Pembangunan Citywalk Tidak Sesuai Harapan, Bahkan Mengganggu Pertokoan

Banner IDwebhost Banner IDwebhost

 

Sapujagad..net, Solo -Ruang publik berperan mendifisikan karakter suatu kota dan bernilai sebagai aset bagi kota itu sendiri. Apa yang mendifisikan kota adalah ruang publik itu sendiri bukan ruang frivat.

saat di temui Sapujagad.net di ruang kerjanya menyampaikan, bila kita jumpai di Kota Solo, terutama Jalan Slamet Riyadi tepatnya di rel bengkong (rel tikungan) hampir 70 persen pertokoan. Hal ini mengular hingga di Patung Slamet Riyadi. Khusunya sebelah kanan. Jum'at (22/11)

" Kalau kita dari Purwosari hampir semua tutup tidak Berfungsi atau Mangkrak, dan kalau malam hari kita lihat tampak gelap karena banyak lampu yg dimatikan pemiliknya, " begitu kata Kusumo Putro, SH MH kepada wartawan.

Lebih jauh, Kusumo menilai jika siang hari pertokoan tersebut tampak kumuh dan kotor, Sementara sebelah kiri jalan hampir 80 persen buka dan tampak lebih hidup.

"Hal ini terjadi karena adanya Pembangunan Citywalk yang nggak ada artinya sama sekali bagi warga solo, " Ujar Ketua LSM LAPAAN RI ini.

Untuk itu, menurut Kusumo depan toko - toko tersebut tidak boleh untuk parkir, sementara itu selain Citywalk masih dilewati Kereta Api.

"Sehingga kalau mau buka toko disitu akan berpikir dua kali, karena depan toko adalah Citywalk yang tidak boleh buat parkir baik mobil maupun kendaraan roda dua, " Keluh dia.

Kusumo berharap sebaiknya Citywalk dibongkar saja, atau didepan Pertokoan tersebut diperbolehkan untuk parkir motor, bagi pemilik toko dan pengunjung atau pembeli agar kegiatan usaha dan perekonomian masyarakat hidup Kembali.

"Minimal bisa menambah lapangan pekerjaan bagi warga solo, hal tersebut kita tahu elemen kota yang menjadi salah satu indikator dalam menilai, apakah suatu kota dianggap sebagai kota yang sukses atau tidak," Paparnya.

Masih katanya lagi, ruang publik yang berkwalitas tinggi, dengan lingkungan yang di pelihara baik dapat meningkatkan kualitas kehidupan sosial masyarakat dan menciptakan ekonomi lebih baik.

"Jalan Slamet Riyadi mulai dari purwosari sampai Gladak, yang merupakan jantung kota solo sebelah kanan terlihat mati, dan pada malam hari terlihat sangat gelap, kalau siang hari terlihat kumuh dan kotor pertokoan tersebut ngisin - ngisini (memalukan) kalau ada orang luar kota lewat disitu," Pungkasnya.(yoel Sapujagad)

Banner IDwebhost
author
No Response

Leave a reply "Peranan Ruang Publik Bagi Kota Solo,  BRM Kusumo Putro, SH MH Tuding Pembangunan Citywalk Tidak Sesuai Harapan, Bahkan Mengganggu Pertokoan"