Banner IDwebhost

Pemdes Kalikalong di Demo Warga, Terkait Penolakan Program Pamsimas

Sapujagad.net, Pati - Masyarakat Desa Kalikalong Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Jawa Tengah (Jateng), Kamis (19/9/2019) melakukan aksi penolakan pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Aksi penolakan masyarakat dengan mendatangi rumah Kepala Desa (Kades) Kalikalong Chaoirul Anam itu menganggap bahwa pembangunan Pamsimas tidak tepat sasaran dan dilaksanakan dengan tahapan yang tidak sesuai prosedur.

Masyarakat yang aksi mendatangi rumah Kades dengan membawa mobil dilengkapi dengan sound sistem, bendera merah putih dan spanduk yang bertuliskan Demo 1919 tolak program Pamsimas Desa kalikalong dan Tolak Pamsimas jangan bebani Rakyat dengan Uang lagi.karena masyarakat harus mengeluarkan Anggara untuk mensukseskan program tersebut  diantaranya membuat jaringan yang masuk ke rumah dan harus membeli meteran air.

Dalam aksinya, masyarakat mandesak kepada Kepala Desa agar jangan sewenang wenang memaksakan program Pamsimas, sebab wilayah desa kalikalong dianggap masih cukup air bersih dan tidak terkontaminasi."Program pemerintah hakikatnya adalah baik tapi bila dilaksanakan dengan tahapan yang tidak baik maka ujungnya akan timbul permasalahan.imbuh salah satu massa aksi.

Dalam mediasi itu, Sunaryo, salah satu masyarakat Desa Kalikalong mengaku bahwa aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh masyarakat adalah bentuk penyampaian pendapat dan aspirasi masyarakat yang dijamin Undang-undang.

Program pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah itu sangat baik, hanya saja apabila dilaksanakan dengan tahapan yang tidak baik dan tidak transparan maka ujungnya akan menimbulkan permasalahan,

"Selama ini saya berusaha untuk menjaga kondusifitas desa kalikalong dengan meredam gejolak masyarakat untuk menyampaikan aspirasi sesuai dengan tingkatan dan ketentuan hukum, tapi bila Kepala desa bersikeras dan sewenang wenang dengan tetap memaksakan melanjutkan program pamsimas yang masih jadi pertentangan, maka saya tidak bertanggung jawab bila masyarakat tidak terkendali," Tegasnya.

Sementara Kades Kalikalong Choirul Anam menjelaskan, Program Pamsimas ini adalah kebijakan pemerintah kabupaten pati yang harus dilaksanakan, dan program Pansimas ini tidak mempunyai dampak apapun, terhadap lingkungan, justru mempunyai asas manfaat.

"Sebagai pemerintah desa saya hanya bersikap adil berdiri di tengah tengah masyarakat, dan melanjutkan program pemerintah,"Kata Kades.

Ditempat yang sama, Tim Pamsimas Kabupaten Pati mengatakan, bahwa aksi protes yang disampaikan masyarakat ini akan disampaikan ke pemerintah kabupaten sebagai pemangku kebijakan untuk selanjutnya apakah dilanjutkan atau dihentikan. Pihak Pamsimas juga akan mendukung adanya penyampaian aspirasi ke tingkat DPRD, dan diharapkan untuk keputusan yang didapat bisa diterima semua pihak.

"Kami datang kesini sebagai bentuk  tangan pemerintah kabupaten untuk mencari tahu kebenaran tentang permasalahan Pamsimas di desa kalikalong yang masih terjadi perbedaan pendapat pro dan kontra, dan Pada dasarnya pelaksanaan mediasi ini  untuk mencari solusi sehingga permasalahan ini tidak berlarut larut,"Jelasnya. (Tri).

Banner IDwebhost
author
No Response

Leave a reply "Pemdes Kalikalong di Demo Warga, Terkait Penolakan Program Pamsimas"