Banner IDwebhost

LPKSM CBR, Tuntaskan Hutang Riba

No comment 146 views

Sapujagad.net l Yogyakarta ,CBR (Camp Bebas Riba)adalah komunitas sosial yang berpusatkan di di Jl.Pahlawan No.46x Tanjung, Purwokerto.

yang di dirikan bulan Oktober 2016 dan saat ini sudah punya lebih dari 80 korwil seluruh Indonesia.

Menurut Kojus selaku ketua CBR Yogya,Kami berangkat dari keprihatinan melihat situasi dan kondisi masyarakat yang hidup tapi tidak punya penghidupan dan tidak merasakan kehidupan yang sejati karena terenggut oleh utang riba "Hampir tiap hari kami kedatangan orang maupun via telepon yang curhat. mau bunuh diri, jual ginjal, pasangan minta cerai, anak kena narkoba, niat jual diri, putus silaturahmi, usaha bangkrut, ketipu, yang intinya sudah stres karena banyak Debt Collector (DC) yang datang untuk menagih baik ke rumah maupun ke tempat kerja," tegasnya

Masih menurutnya , "Semua pengurus dan relawan CBR tidak ada yang di bayar atau di gaji, karena kami bukan perusahaan dan EO yang setiap acara ada tarifnya. Event CBR mayoritas gratis karena prinsip kami, tidak mau meminta bayaran atau imbalan dari siapapun, tapi minta di bayarnya langsung sama Alloh Sang Maha Kaya. Alhamdulillah setiap acara yang di selenggarakan sukses dan lancar, banyak para peserta yang tercerahkan, punya semangat gairah untuk menjalani hidup kembali secara normal,"tambahnya

Ia menegaskan "Kami menyadari setiap jihad pasti ada aral melintang dan tantangan, termasuk fitnah. Kami berprinsip terserah orang lain mau bilang apapun tentang kami mau itu mencibir, nyinyir, pandangan negatif lainnya karena hal itu tidak penting. Bagi kami yang terpenting dan utama adalah tetap dakwah jalan terus, tanpa batas, amar ma'ruf nahi munkar, memberikan edukasi, motivasi, pendampingan dan solusi kepada masyarakat luas yang membutuhkan ilmu tentang bahayanya RIBA beserta penanggulangannya. Solusi yang kami ajarkan berdasarkan pengalaman pribadi ada 2 yaitu Ikhtiar Langit (hablum minalloh) dan Ikhtiar Bumi (hablum minannas) atau bisa disebut Iman dan strategi,"ungkapnya

CBR berprinsip kebahagiaan bagi kami tersendiri yang tidak ternilai dengan materi apapun, kalau banyak alumni CBR yang utangnya sudah lunas, melihat rumah tangganya kembali rukun, tidak jadi bunuh diri, tidak jadi jual ginjal, jual diri untuk bayar utang, anggota keluarga tetap saling membantu tidak malah menjauh, tetap jaga tali silaturahmi.

Mayoritas pengurus CBR berasal dari mantan pegawai lembaga ribawi yang alhamdulillah masih di beri hidayah oleh Alloh untuk hijrah mencari rezeki yang halal dan berkah. Kami menyadari sebagai manusia yang banyak salah dan khilaf, oleh karena itu perjuangan dakwah kami sebagai penebusan dosa di masa lalu, istilahnya ngangsur dosa.

Agenda agenda CBR yaitu
- Kopdar yaitu pertemuan rutin anggota untuk sharing2 dan belajar
- Solunar yaitu seminar satu hari
- Camp Bebas Riba 2 hari 1 malam
- Solusign yaitu pelatihan untuk kader kader wilayah
- CBR Finalle yaitu lanjutan sampai tahap pendampingan hukum

Alhamdulillah. Seiring berjalannya waktu, banyak alumni sudah bisa bangkit, banyak yang sudah lunas, keluarga rukun kembali, dan sudah bisa menemukan kehidupannya kembali.

CBR dengan dukungan dan
do'a yang tulus dari saudara-saudara semua, semoga kami tetap Ikhlas, Sabar dan Istiqomah dalam membantu pendampingan anggota masyarakat untuk bisa kembali hidup normal mengikuti sunnah Rasul, qona'ah dan tawadhu. Semoga Alloh ridlo atas semua perjuangan kami dan dapat pahala kebaikan baik di dunia maupun di akhirat aamiin yaa robbal'alamiin .(team)