Banner IDwebhost

Klitih Sadis !!! Membuat Resah Masyarakat Yogyakarta , Selain Pihak Kepolisian Peran Serta Orang Tua Lebih Penting

Poto : Kabid Humas Polda Kombes Yulianto  D I Yogyakarta (kanan) Bang Aji (Kiri)

Sapujagad.Net - Yogyakarta Kejahatan yang di lakukan Klitih tidak bisa di biarkan begitu saja sebab Klitih bisa membahayakan para penguna jalan pada malam hari, bahkan bagi warga pendatang yang ingin kunjung untuk berlibur atau wisata ke Yogyakarta akan menjadi kedala dan rasa ketakutan bagi wisatawan maupun masayarakat sekitar.

Terkait merajalelanya aksi tersebut, beberapa waktu terakhir di Yogyakarta menimbulkan keprihatinan bagi warga. Aksi kejahatan jalanan yang kebanyakan dilakukan pada malam hari, sudah dalam taraf meresahkan masyarakat.Pada saat beroprandi mereka  dengan sadisnya membacok penguna jalan, tanpa alasan yang jelas sesuai pengakuan hanya merasa puas dengan melukai korban yang tanpa ampun .Pelaku rata - rata usia  di bawah umur .

Selasa (14/1/2020) Lenbaga Swadaya Masyarakat GEBRAK (Gerakan Bersama Antasi Kriminalitas )  Bang Aji salah satu relawan tak tinggal diam, mereka cepat merespont kecemasan warga.Dirangkum dari beragam sumber Klitih atau Klithih (klithihan atau nglithih) merupakan sebuah (kosa) kata dari bahasa Jawa gaya Yogyakarta yang mempunyai arti sebuah kegiatan atau aktivitas dari seseorang atau sekelompok orang yang keluar rumah di malam hari tanpa tujuan atau hanya sejedar jalan-jalan, mencari atau membeli makan, nongkrong di suatu tempat dan lain sebagainya. Klitih jika dialih bahasakan ke kosa kata bahasa Indonesia bisa disamakan dengan kata keluyuran.

Namun kini kata Klitih disamakan dengan kegiatan menjurus ke hal atau tindakan yang kurang baik. Hal ini cukup membuat pemakluman karena viralnya orang menyebut aksi anak remaja tanggung yang melakukan aksi melukai dengan sebutan klithih.

Menurut Bang Aji, selaku pemerhati keamanan dan anti kejahatan memaparkan "Peran serta orang tua adalah kunci penting untuk membenahi akar kasus tindakan kejahtan, di harapkan orang tua ikut mengawasi anak dan memberikan arahan yang positif sebab pelaku rata - rata usia yang relatif masih muda ,"terangnya

Masih menurutnya, kita sebagai masyarakat harus kritis dengan lingkungan setempat sesuai kutipan Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yulianto saat jumpa pers bahwa pelaku rata - rata minum Alkohol dan pelaku di bawah umur .

" Kurang elok jika rasanya ketika ada masalah yang di sudutkan, Pihak Kepolisan yang harus bertangggung jawab atas kejadian tersebut kita bersama, kita saling bekerja sama untuk pendidik anak - anak kita bagi masyarakat yang mempunyai anak remaja atau masih di bawah umur agar tidak mudah terpengaruh teman bermain yang di anggap menyimpang," tambahnya

"Proses hukum tetap berjalan walaupun pelaku di bawah umur, nantinya melalui peradilan Anak, dengan harapan nantinya pelaku agar pelaku ada rasa jera sebab kejadian tersebut mengakibatkan kematian dan luka berat akibat Sajam(Senjata Tajam), namun kami tetap optimis Yogyakaeta, tetap menjadi kota yang nyaman ," pungkasnya (Kojus)

 

Editor : Yoel

Banner IDwebhost
author
No Response

Leave a reply "Klitih Sadis !!! Membuat Resah Masyarakat Yogyakarta , Selain Pihak Kepolisian Peran Serta Orang Tua Lebih Penting"