Banner IDwebhost

Hemm !!!  Lagi – Lagi PTSL Jadi Ajang Duga’an Pungli Perdes Jadi Senjata Buat Mencari Keuntungan

Sapujagad.Net , RembangTerkait program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) tahun 2020 di Kabupaten Rembang yang merupakan program unggulan pemerintahan Jokowi – Jk sampai sekarang masih menimbulkan tanda tanya besar, padahal sesuai peraturan bersama dari SKB tiga menteri, Diantaranya Kementerian ATR/ BPN, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa ” Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tertanggal 22 Mei 2017 Nomor : 25/SKB/V/2017, Nomor : 590-3167A tahun 2017 dan Nomor 34 tahun 2017, mengenai Pembiayaan sebesar 150 ribu untuk jawa-Bali .

Namun sangat ironis sekali ,ketika progam PTSL Tahun 2020 malah menjadi ajang pungutan Oknum pemangku jabatan yang ada di Desa. Seperti yang terjadi di salah satu Desa Penerima progam PTSL tahun 2020 yang ada di Desa Megal Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang Jawa Tengah.

Sesuai keputusan SKB tiga menteri untuk Jawa dan Bali hanya 150 ribu rupiah,tapi kenyataan di lapangan di jumpai biaya swadaya di Desa Megal Kecamatan Pamotan mencapai 350 ribu. Program ini merupakan Program Sertifikat Gratis untuk meringankan warga masyarakat yang tidak mampu agar segera terselesaikan dan membantu memudahkan pembuatan sertifikat.

Berdasarkan keterangan yang di himpun Sekertaris Desa Megal,anggaran 350 ribu itu berdasarkan musyawarah panitia dan di dukung oleh PERDES(Peraturan Desa)karena sudah di perdeskan maka desa mempunyai kebijakan untuk menentukan jumlah biaya yang di tanggung sama pemohon,imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Megal ketika di konfirmasi di ruang kerjanya membenarkan terkaitan biaya yang di tanggung oleh pemohon sebesar 350 ribu karena mengacu Desa sebelah.katanya

Sementara itu, Desa penerima progam PTSL 2020 diharap untuk berhati-hati dalam menjalankan Progam Nasional dan harus terbuka kepada warga masyarakat mengenai rincian dana angaran swadaya yang di bebankan pemohon.jika di kalkulasi anggaran yang masuk cukup besar dan harus bisa dipertanggung jawabkan,dan jangan sampai menjadi kesempatan pemangku jabatan.

Jadi sudah jelas dan jangan sampai program yang di biayai negara di manfaatkan oknum tak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan pribadi, kalau memang ada dugaan yang merugikan masyarakat jangan segan segan untuk melaporkan kepada penegak hukum. (yoel,tri)

 

Editor : Yoel

Banner IDwebhost
author
No Response

Leave a reply "Hemm !!!  Lagi – Lagi PTSL Jadi Ajang Duga’an Pungli Perdes Jadi Senjata Buat Mencari Keuntungan"